Sejak kenal dunia kepenulisan di akhir tahun 2016 lalu, friendlist di media sosial saya bertambah. Yang dulunya cuma temen-temen lam...

Exclusive Blogging Class

Maret 28, 2018 Ipop Purintyas 8 Comments



Sejak kenal dunia kepenulisan di akhir tahun 2016 lalu, friendlist di media sosial saya bertambah. Yang dulunya cuma temen-temen lama dari SD sampai kuliah, sekarang jadi banyak temen penulis keren. Lalu dari status temen-temen itulah saya kenal blog. Karena mereka sering share blogpost terbaru di media sosial. Awalnya sih saya nggak begitu tertarik buat nge-blog. Kalau sudah ada Facebook, ngapain nge-blog? Begitu dulu mikirnya.

Lalu makin ke sini, kok makin banyak temen-temen yang nge-blog. Beberapa bahkan ngajak saya buat ikut kelas blog online. Mereka bilang, “Enak lho blogging itu, bisa ikut lomba-lomba, bisa dapet duit juga, travelling dibayarin, lalalalala.”
Dari situ saya mulai tergelitik pengen tahu. Apa sih blog itu? Bikinnya gimana? Isinya apa? Perlu desain layout khusus kah? Fungsinya apa? Kok bisa menghasilkan, caranya gimana? De el el. But still, belum mau bikin blog juga. Bukan apa-apa, saya ini orangnya gaptek. Paling males berurusan sama technical thingy, hahaha! Nggak kebayang kalau harus ikut kelas blog secara online. Wong saya buka laptop cuma buat ngetik-ngetik di Word sama browsing-browsing doang.

Pertengahan tahun 2017, saya pindah dari Bandung ke Jember. Kegiatan menulis mulai berkurang. Adaptasi di tempat dan orang-orang baru plus cari sekolah buat Nera cukup menguras waktu.
Lalu, alhamdulillah saya bertemu seorang teman baru yang juga hobi nulis, Mbak Wardah Abeedah. Beliau adalah penulis yang inspiratif banget di Info Muslimah Jember. Oleh Mbak Wardah inilah saya diajak ikut kelas Freelance Writing yang dimentori Mbak Prita HW (www.pritahw.com). That was the first time I met Mbak Prita, a professional blogger, writer and social influencer, founder The Jannah Institute. Di kelas itu, saya belajar banyak tentang seluk-beluk freelance writing. Pikiran saya jadi lebih terbuka, bahwa menulis itu nggak melulu harus nulis/menerbitkan buku. Menulis di blog pun bisa jadi pilihan asyik buat berkarya.

why blogging


Bulan Februari lalu, Mbak Prita mengumumkan kalau beliau membuka kelas blog. Awalnya saya ragu. Tapi kerguan saya kalah sama rasa ingin tahu. Jadi lah saya daftar Exclusive Blogging Class.
Kelas ini terbatas jumlah pesertanya. That’s why it is exclusive. Supaya belajarnya juga lebih intensif. Dan alhamdulillah pesertanya cewek semua. (Yeay! Girl power!) Selama tiga bulan, kami akan belajar materi-materi kece yang sudah dipersiapkan hingga kami siap untuk masuk ke dunia per-blogging-an di Indonesia.

Kelas pertama berlangsung hari Sabtu tanggal 17 Februari di rumah Mbak Prita, yang sekaligus juga basecamp The Jannah Institute. Kami belajar mengenali dunia blogging lebih dalam.
Kenapa sih kita harus nge-blog? Apa tujuan yang ingin kita capai?
Well, for me personally, saya pengen konsisten menulis. Kalau nulis di Facebook banyak ‘gangguan’. Pasti tergoda buat scrolling timeline, komen di status temen-temen. Dan akhirnya lupa waktu, nggak jadi nulis, deh. *cry! Saya juga pengen mengasah kemampuan menulis. Belajar nulis dengan alur yang menarik dan nggak bikin bosan pembaca.

Di pertemuan pertama ini kami juga belajar fitur-fitur apa aja yang ada dalam Blogspot (sebelumnya kami diminta bikin blog di Blogspot). Juga mengenai fungsi dari masing-masing fitur tersebut. Honestly, saat itu saya masih nge-blank. Nggak paham istilah-istilahnya. Tapi yaa, diterima aja dulu, kunyah pelan-pelan dan telan. Nanti kalau udah praktek juga bakalan ngerti, hehe.


Mbak Prita juga menjelaskan tentang peluang apa aja yang bisa kita dapat, komunitas apa yang wajib kita ikuti, juga manfaat yang diperoleh seorang blogger. Contohnya adalah hobi yang dibayar. Sebagai seorang travel blogger seperti Mbak Prita, dibayarin jalan-jalan keliling Indonesia itu pasti seneng banget!
But most of all yang paling penting, kata Mbak Prita, adalah kita harus jadi BLOGGER DENGAN PERSONAL BRANDING KUAT DAN KONSISTEN. (PR banget ini buat sayaah!)

manfaat personal branding
Source: tonfeb.com

Keesokan harinya, Minggu tanggal 18 Februari, adalah pertemuan ke dua Exclusive Blogging Class. Kali ini materi disampaikan oleh Mbak Vindy Putri, seorang blogger (www.vindyputri.com) yang juga berprofesi sebagai layouter & graphic designer di Harian Radar Jember.
Materi di pertemuan ke dua ini lebih membahas hal-hal teknis, seperti bagaimana memilih tema blog yang baik, bagaimana layout blogpost yang baik, cara mengganti tema dan header blog, mengedit tata letak, utak-atik sidebar, juga menambahkan link akun media sosial kita di blog.
Butuh waktu lebih lama bagi saya untuk mencerna materi tersebut karena honestly, dunia blogging ini completely brand new to me. Tapi dengan learning by doing, lambat laun pasti akan paham, insyaa Allah 😊

Di pertemuan ke tiga, qadarullah saya nggak bisa hadir. Tapi Mbak Prita tetap memberikan materi dalam bentuk pdf agar bisa saya pelajari di rumah. Challenging banget materi kali ini, karena membahas personal branding dan menulis konten dengan Search Engine Optimization (SEO).
Sebagai penulis, saya menyadari kalau saya ini kurang banget dalam hal personal branding. Padahal itu penting. Di sini Mbak Prita membagikan tips untuk mem-branding diri kita. Salah satunya adalah dengan menulis konten positif di media sosial yang berisi personal branding kita (kalau saya sebagai penulis) dibalut dengan peristiwa sehari-hari. Kita pun harus membekali diri dengan ilmu teknis, misalnya graphic design untuk menghasilkan info grafis kece, agar konten dalam blog semakin menarik banyak pembaca. Dan ini harus KONSISTEN dilakukan. Personal branding yang kuat bukan hanya soal being famous, tapi lebih pada visi kita ke depan, kita ingin diingat banyak orang sebagai pribadi yang seperti apa. (Again, PR besar buat saya)



Menulis di blog pun nggak hanya sekedar mencurahkan isi hati dan berbagi. Akan lebih baik jika tulisan kita ‘dibaca’ oleh Google. That’s why, menulis konten dengan SEO itu penting.
Menulis konten dengan SEO minimal harus 1000-1200 kata. Tulisan kita juga harus mengandung key word, at least di awal, akhir, dan tengah paragraph. Hal-hal teknis yang lain seperti me-rename tiap gambar dan mengisi meta description juga harus dilakukan.
Wow, bener-bener tantangan buat saya. Mulai sekarang harus membiasakan nulis at least 1000 words dengan alur mengalir dan menarik, plus menempatkan keywords. *lap peluh!


Hari Minggu tanggal 25 Maret kemarin, pertemuan ke empat diadakan. Kali ini Mbak Prita memilih tempat di Lantai 2 Eatery and Space, Jalan Sumatra. Tempatnya cozy, internetnya juga lumayan kenceng. Cocok untuk meet-up atau business meeting tipis-tipis.
Materi pertemuan ke empat ini adalah tentang Photography for Blogging, yang disampaikan oleh Aa’ Nana Warsita, a professional photographer. Beliau adalah suami Mbak Prita.

Karena materinya tentang fotografi, kami mempraktekkan cara memotret yang baik dengan mencoba mengambil gambar menu-menu yang sudah kami pesan. Ada yang pesan roti bakar green tea, nasi ayam bolognise, leci squash, chocolate marshmellow ice, dan lain-lain. O iya, kali ini kami juga dapet Just Kidding, minuman susu puding yang endess banget dari Mbak Nana, owner sr_dessert.


Sambil menyantap makanan dan minuman, kami menyimak materi dari Aa’ Nana tentang komponen apa aja yang penting dalam sebuah karya fotografi, seperti angle dan komposisi. Karena foto/gambar penting banget untuk mendukung konten.
For me personally, fotografi juga merupakan hal baru. Jadi kudu sering praktek cekrak-cekrek supaya feel-nya lebih terlatih. Bagus atau enggaknya sebuah gambar bukan masalah kameranya, tapi bagaimana kita memadukan semua komponen untuk menghasilkan gambar yang keren.

Nah, setelah empat pertemuan dalam Exclusive Blogging Class, tinggal memotivasi diri untuk lebih konsisten menulis dan mempraktekkan ilmu yang sudah didapat.
To be honest, awalnya memang ngerasa susah, terutama tentang nulis konten dengan SEO. Tapi kalau nggak dicoba, ya selamanya nggak akan bisa, kan!

blogging class di lantai 2 eatery n space


So, doakan saya ya, Temans, supaya tetap istiqomah nge-blog. Bukan hanya nulis curhatan sehari-hari, tapi juga menebar manfaat dan inspirasi.

Special thanks buat Mbak Prita, Aa’ Nana, Mbak Vindy, dan teman-teman se-angkatan Exclusive Blogging Class. Seneng banget bisa nambah ilmu, juga nambah temen yang se-passion.
Semoga kita bisa terus berkarya, memajukan dunia literasi Indonesia. Aamiin.


Have a great day, All!


Love,


Emak yang lagi belajar nge-blog




8 komentar:

  1. Asyik mb.. jd berasa baca rangkuman materi dan memanggil memory ilmu2 yang sudah diberikan ⚘πŸ˜™

    BalasHapus
  2. Asyik mb.. jd berasa baca rangkuman materi dan memanggil memory ilmu2 yang sudah diberikan ⚘πŸ˜™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaaa, tinggal prakteknya nih yang butuh suntikan semangat terus, hehe.
      Thank u, Mba Faiq

      Hapus
  3. ahhhh, loveeee. Makin keliatan nih ciri khas nulisnya mb Ipop. Insyaallah istiqomah mb kl circlenya tepat sama komit sih. Welcome to be a pro blogger mb!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, sungkem dulu sama suhuπŸ™‡.
      Thank u Mba Prita atas ilmunya. Masih kudu didampingi terus nih saya, hehe

      Hapus
  4. Klo dah baca ini, serasa ga mau nulisπŸ˜…, sudah ada semua, dicopas aja yaa

    BalasHapus
  5. Bukan hanya nulis curhatan sehari-hari, (...)

    Wkwk aku merasa terpanggil mbak pas ada doa khusus ini.

    Aamiin.

    Makasih mbak, isinya lengkap, bikin ingat yang lalu-lalu~

    BalasHapus